Sensasi Bermotor Trail di Bromo

Lets find some beautiful place to learn..

Bromo memang sudah sangat tersohor. Bahkan sudah menjadi destinasi para traveller dunia jika berkunjung ke Indonesia selain ke Bali dan Lombok atau daerah lainnya. Tidak mau kalah, saya yang notabene anak asli Indonesia tidak pernah bosan mengunjungi tempat ini berkali-kali sekalipun.

Tapi, perjalanan kali ini memang beda. Disamping tidak membawa peserta trip atau teman seperjalanan, kali ini saya mau mencoba nikmatnya bermotor ke Bromo melalui Malang - Jawa Timur. Tidak seperti biasanya trip Bromo menggunakan jeep 4X4. Kali ini saya mencoba salah satu extreme sport dengan menggunakan motor trail adventure. Olahraga yang mampu memacu adrenalin sampai ke ubun-ubun tentunya.

Perjalanan yang berdurasi 3D - 2N (Jumat - Minggu) ini merupakan perjalanan panjang dengan menggunakan moda kereta api (matarmaja) PP ke Malang dan dilanjutkan menggunakan sepeda motor (trail Kawasaki KLX) PP ke Bromo melalui jalur Tumpang. Lets cekidot!

Tempat Cetak Tiket Mandiri

Hasil Cetak Tiket

Pembenahan terus dilakukan oleh pihak PT. KAI, terbukti fasilitas-fasilitas mulai dari booking, percetakan tiket sampai pelayanan didalam kereta semakin hari semakin baik. Saluttt buat perbaikan yang terus dilakukan oleh PT. KAI.

Sepanjang perjalanan Stasiun Senen - Stasiun Malang saya lebih memilih untuk tidur mengingat aktivitas besok hari di Malang sangatlah padat lebih dari itu saya harus mempersiapkan fisik untuk riding Malang - Bromo. Tepat jam 07:00 kereta sudah di Stasiun Malang.

Segera saya menghubungi bos Kaldera Adventure mas Dimas untuk mengabari posisi saya yang lebih cepat tiba di Stasiun Malang. For Your Information, sebelumnya dari Jakarta saya sudah berkomunikasi dengan mas Dimas selaku pemilik rental Kaldera Adventure untuk meminjam 1 (satu) unit motor trail dengan tujuan perjalanan Bromo. Tidak tahu bagaimana caranya men-screening new costumer seperti saya yang jelas saat itu saya disetujui permintaan untuk meminjam motor, disamping ketersediaan unit juga tentunya dengan syarat yang sangat mudah dan proses yang cepat.

Setelah bersiap-siap distasiun, saya memilih mengganti baju dan mengeluarkan beberapa perlengkapan bermotor saya seperti sarung tangan, jaket dan kacamata. Berderinglah handphone di kantong celana saya dan terjadi perbincangan seperti ini dari ujung telepon.

Kaldera Adventure (KA)
Saya (S)
KA : "mas, saya sudah di depan stasiun"
S : "tepatnya dimana mas?" (menuju keluar stasiun)
KA : "diluar mas"
S : "mas, saya sudah diluar, masnya dimana yah?"
KA : "arah utara mas!"
S : "%#&%" (Gak bawa kompas :( ) "mas sudah lihat saya belum? saya ke kiri atau ke kanan?"
KA : "ke kanan mas, lihat mobil jeep saya didalam jeep" (sambil melambaikan tangan)
S : Oke mas, saya sudah lihat (berlari kecil menuju jeep)

Terlihat dari kejauhan arah utara (baru ngeh) sebuah mobil jeep Land Rover biru yang bertuliskan Kaldera Adventure di badan jeepnya ditambah dengan ban serep besar diatas kap jeep menambah semangat petualangan saya kali ini. Wihh perasaan saya ordernya motor trail kenapa yang nongol jeep coba.

Ternyata saya dijemput oleh mas Putro kemudian dibawa ke kantor Kaldera Adventure di Jl. Melati No. 14 Malang - Jawa Timur atau bisa di koordinat 7°57'20.1"S 112°37'54.0"E tepatnya.

Depan kantor Kaldera Adventure
 
Ruang tunggu dan transaksi

Beberapa unit yang ter-capture

Suasana di kantor Kaldera Adventure saat itu lumayan ramai akan aktivitas komunitas penikmat motor offroad yang akan menjajal berbagai lokasi di sekitara Malang, Bromo dan kota Batu. Selain menyewakan unit (jeep dan motor trail) serta berbagai peralatan offroad, Kaldera Adventure juga menawarkan paket-paket offroad mulai dari kelas fun sampai kelas PRO. So, bagi anda yang mau mencoba berpetualangan di kawasan Malang dan sekitarnya bisa menghubungi Kaldera Adventure disamping harganya yang bersaing pelayanannya jg sangat baik. Terbukti saya diantar jemput dari stasiun, tidak sampai disitu saya diantar pula menuju ke arah Bromo. Mantap dan rekomen deh!

Ini dia unit KLX 150L yang akan menemani saya menggaruk BROMO.. lets blarrr blarrr blarrr

Malang - Bromo via Tumpang

Memasuki areal pertanian penduduk sekitar

Istirahat makan siang di Depot Arema desa Gubuk Klakah

Perjalanan dilanjutkan keterangan photo: sekitar coban pelangi

Jalan mulai menanjak, sempit dan rusak

Gapura Selamat Datang pertama

Gapura Selamat Datang kedua (tempat membayar karcis masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)

Sponsor tunggal

Update Karcis Masuk Pengunjung dan Kendaraan Roda Dua 
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tanggal 11 Oktober 2014
Per orang = Rp27.500,-
Motor = Rp5.000,-

KLX 150L yang saya gunakan masih gress, new, baru alias anyar. Ada beberapa modifikasi yang dilakukan oleh sang empunya terhadap motor ini sehingga motor ini menjadi jangkung, terbukti saya agak jinjit ketika menapakkan kaki ke tanah (padahal saya terbilang tinggi loh :p ). Tidak terlalu sulit untuk penyesuaian dengan motor jenis ini, hanya sedikit berbeda ditarikan awalnya dan agak menghentak ditambah deruan suara knalpot ori yang di bobok tapi suaranya tetap enak, menambah kesan garang dari motor yang di design khusus untuk offroad. Cara mengemudikannya sendiri lebih nikmat kalau di geber-geber hahaha bukannya saya alay atau norak, agar supaya tarikan jd lebih enteng dan lancar, apalagi kalau dalam posisi tanjakan dan di jalur yang rusak. Pesan mas Putro ke saya cuma satu, yakni kalau nanjak tidak usah pakai kopling biarkan motor di gas tanpa menggunakan kopling guna mencegah panasnya kopling yang mengakibatkan habisnya plat kopling dan kita tahu sendiri sebaru-barunya motor kalau plat kopling sudah haus atau habis pasti tidak bisa jalan.

HATI HATI perjalanan dilanjutkan melalui aspal pecah seperti ini

Terlihat sudah keindahan bukit teletubies nan jauh disana

Setelah melewati beberapa tanjakan curam dengan mudah, bertemulah dengan pertigaan menuju Bromo dan Ranu Pane

Kiri Bromo - Kanan Ranu Pane

Mulai pertigaan inilah awal keseruan ekspedisi kali ini, karena jalan yang dilalui setelah pertigaan ini tepatnya jalan yang mengarah ke Bromo sangat menantang, terlihat pada photo diatas jalan ke kanan yang mengarah ke Ranu Pane (titik awal pendakian gunung Semeru 3676 mdpl) terlihat mulus, beda dengan jalan yang mengarah ke Bromo :'(

Let's ROCK!! <3<3






Jalan ini benar-benar memacu adrenalin buat saya yang adalah pemula alias newbie dalam berkendara di jalan offroad. Fantastis dan bombastis perasaan saya saat itu, melewati turunan curam dengan tanah yang kering serta gersang. Tidak perlu repot-repot memilih jalan karena motor yang saya kendarai sangat cocok untuk tipe jalan seperti ini. Jalan yang biasa dilalui oleh jeep-jeep yang disewa khusus oleh para wisatawan yang ke Bromo melalui Malang.

Setelah puas berseluncur dijalur makadam, tibalah diseputaran bukit teletubies

Photo-photo dan video dibawah ini adalah edisi narsis dari saya yang kebetulan lagi seneng di photo dan benar-benar menikmati setiap moment di Bromo bersama motor trail. Selamat menikmati :p


PHOTO SESSION DI BUKIT TELETUBIES (SAVANA BROMO)









PHOTO SESSION PASIR BERBISIK - BROMO











PHOTO SESSION GUNUNG BATOK - BROMO


 










SUNRISE PENANJAKAN - BROMO











RANU PANE - TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU







NO ROAD??
NO PROBLEM!!











11 komentar:

  1. gan, boleh di share rute perjalanan trail nya? ane mau trail ke bromo nih, tapi cuma dua orang, jadi gak mungkin nyewa guide(nanti budget nya jebol :P). thanks buat infonya gan

    ReplyDelete
  2. Iya bener Gan...ane ber 3 ama temen akhir agustus tgl 30 ini ada rencana mau ngetrail ke Bromo , kali aja ada yang mau diajak nyasar bareng....maklum udah lama ga ksano lupa jalur nya. Thank buat yang sdh attensi

    ReplyDelete
  3. Mas, bisa share CP sewa trail dimana?
    Terus mas nya nge trail sendirian apa boncengan? ko di foto2nya ada yg berduaan? Hayooo..
    Sharing ya mas, soalnya besok september akhir mau kesana... Thanks Mas..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. sewa trail atau trail rental di malang bisa menghubungi Kaldera adventure 0341404054 atau 081333779301

    ReplyDelete
  6. assalam.. saya nak ke bromo, mungkin keseorangan, kalau ada yang sudi .. bulan oktober,. nak sewa motor, trail route dia atau guide macamana, boleh share? saya nak berkira kira..

    ReplyDelete

 

Travel Bloggers Indonesia

Travel Blogger Indonesia

Wonderful Indonesia

Wonderful Indonesia

@JOSHUASAHELANGI