Camping Pulau Sepa - Kepulauan Seribu

Pasir putih Pulau Sepa

Dimanakah ini?? apakah Bali? Lombok? Ambon? Manado? Derawan? Sabang? Atau.......??

Bukan,,,,!
Kilauan pasir putih ditambah gradasi laut yang jernih dan indahnya biru langit ini ternyata tidak jauh dari Jakarta. Ya, masih berada disalah satu pulau Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ke arah utara, yaitu Pulau Sepa.

Buat saya, ini merupakan trip pertama saya menuju ke Kepulauan Seribu *agak norak*, kenapa pertama? karena belum kesampaian terus dan tentunya dengan pertimbangan semua orang bisa ke Pulau Seribu karena jarak yang dekat, akses yang mudah dan biaya yang murah. Saya lebih fokus jelajah ke tempat yang agak jauh dulu *songong* B-)

Trip ini persembahan dari kami, komunitas forum Bikepacker Kaskus dalam rangka acara mini gathering setelah trip lebaran. Setelah saya membuat ajakan melalui postingan thread di kaskus dan event di Facebook, ternyata respon dari rekan piknik naik motor lumayan tinggi, terbukti sekitar 19 orang on list yang bersedia untuk gabung dan DP.

Balik lagi ke Pulau Sepa, pulau ini merupakan salah satu pulau terindah dari seluruh gugusan di Kepulauan Seribu. Kenapa saya berani bilang begitu? Pasir putih yang lembut langsung ke bibir pantai yang belum ada blok bebatuan untuk mencegah abrasi, pohon rindang diatas pasir, air laut yang jernih ditambah underwater yang menjadikannya salah satu spot diving favorit, hewan-hewan khas pulau seperti biawak, penyu serta dermaga yang keren untuk menunjang aktifitas pephotoan tentunya. Membuat pulau ini mendapat julukan "the little Bali" dan "the Paradise for Diver"

Diatas semuanya itu tentunya di pulau ini sudah berdiri dengan gagahnya sebuah resort eksklusif yang sangat cocok buat keluarga ataupun untuk honeymoon. <3<3
Tapi, tulisan kali ini saya tidak akan mereview resort dan segala macam fasilitas high class-nya, disini saya akan bercerita kisah perjalanan kami mengenai keindahan Pulau Sepa dan Kepulauan Seribu lainnya yang kami kunjungi. Lets go!

Sabtu, 20 September 2014

Tikum (titik kumpul) pertama adalah pom bensin Pelabuhan Muara Angke. Pagi itu lumayan banyak pengunjung disekitaran dermaga yang akan menyebrang ke Pulau Seribu. Padahal ini adalah tengah minggu, gak kebayang deh kalo awal sama akhir bulan jalannya.

Titik Kumpul BikePacker mania

Lorong menuju pelabuhan

Tiket PP kapal yang kami gunakan untuk trip ini

Tepat jam 07:30 jangkar kapal diangkat dan kapal bergerak menuju utara Pulau Jawa

Karena sudah penuh didalam ruangan penumpang kapal, terpaksa kami duduk diatas kapal. Memang agak extreme sih mengingat panasnya matahari dan takut ada gelombang yang tinggi nanti. Mau gak maulah ya brangkattt walau ga safety sama sekali

Perjalanan menuju Pulau Harapan adalah sekitar 3 jam dari Muara Angke dengan menggunakan kapal ini

Mau tahu apa yang seru ditengah perjalanan ini?? Iya betul anda gak salah lihat! kita ditemani oleh dolphin loh.. cantik banget berenang riang gembira disamping kapal. Untung banget kita posisinya di paling atas kapal, jadi bisa lihat sang lumba-lumba menari dilaut menemani perjalanan <3

Setelah perjalanan terombang-ambing di lautan selama 2,5 jam kami tiba di Pulau Pramuka untuk transit dan menurunkan penumpang yang akan turun di pulau ini. Akhirnya kami bisa turun ke bawah dan tidak kena terik panas matahari lagi..

1/2 jam lagi menuju Pulau Harapan mulai keliatan indahnya nih 

Sampe ikan-ikan aja dipancing pake roti pada naik keatas dan terlihat dengan mata telanjang. Kereeen!

Perjalanan yang panjang kurang lebih 3 jam terbayar sudah dengan pemandangan biru seperti ini di Pulau Harapan. Worth it banget deh pokoknya!! Masih gak nyangka aja ini dekat dengan Jakarta.

Turun dari kapal kami beristirahat sebentar di sebuah saung untuk beradaptasi sejenak dengan daratan mengingat masih pada jetlag semua 3 jam di kapal

Persiapan dilakukan oleh team dan dilakukan briefing mengenai itinerary pulau apa saja yang akan kami explore dan tempat untuk kami nginap atau mendirikan tenda.

Saatnya makan siang dengan menu seperti ini

Selesai makan dan bersiap2 memakai pakaian siap basah, acara selanjutnya adalah snorkling sampai puas!

Photo bareng dulu sebelum snorkling

Naik kapal kecil untuk explore pulau dan nyemplunggg

Lets Go item-iteman :D

Semua senang, semua gembira!

Mari kita cekidot pemandangan underwater di 2 spot snorkling yang kami singgahi










Setelah snorkling di 2 spot dan merasa cukup explore underwater disana, selanjutnya kami harus mencari tempat untuk camping malam ini. Oke survey pertama adalah Pulau Dolphin. Ada beberapa teman kami yang turun untuk survey, namun saya lebih tertarik berada diatas kapal. Bukan tanpa alasan, saya berada dikapal karena lebih tertarik dengan beberapa pengunjung di Pulau Dolphin yang adalah turis luar negeri tepatnya negeri Korea sana..

Inilah mereka para turis bening version yang membuat saya ogah turun dari kapal

Pulau Dolphin dengan hamparan pasir putih.. ramai nian mamak..

Team survey telah kembali dengan keputusan bahwa pulau ini kurang cocok untuk mendirikan tenda. Ada beberapa pertimbangan penting dalam pemilihan tempat camping di pulau, yaitu :

  • Struktur kontur tanah/pasir yang datar dan padat mengingat angin yang cukup kencang digunakan untuk pemasangan pasak guna menahan terpaan angin.
  • Sumber air bersih untuk kebutuhan mandi bahkan untuk memasak.
  • Pohon yang rindang untuk menahan angin dikala malam dan panas matahari disiang hari.
  • Daratan yang cukup ketika air laut pasang.
  • Hewan liar
  • Ijin dari penduduk (jika ada) atau pengelola pulau.

Pulau selanjutnya yang akan kami survey adalah Pulau Sepa. Baiklah, perjalanan kembali dilanjutkan dan kami melihat dari kejauhan Pulau Sepa yang di dermaganya sandar beberapa Boat dari Dermaga Marina - Ancol.

Waduh, dalam hati kayaknya ini pulau uda eksklusif punya resort nih.. ada pengunjung lagi terbukti ada beberapa kapal boat yang sandar di dermaganya

Segera, team survey ditemani dengan guide pemilik kapal kecil kami menuju ke dalam pulau untuk melihat lokasi dan meminta ijin.

Terlihat dasar laut yang makin jernih membuat kecintaan kami mulai tumbuh akan pulau ini.

Setelah kembali, berita bahagia dibawa oleh team survey yaitu kami boleh camping di pulau ini dengan syarat tidak boleh memasuki areal resort yang ditandai dengan pagar. Oke baiklah tidak apa apa!!

Pada pephotoan dulu lah ya di dermaga yang cantik ini

Beberapa penghuni resort yang tidak merasa terganggu dengan kedatangan kami (semoga)

Ini dia lokasi tempat kami mendirikan tenda nantinya

Menurunkan barang masing-masing dari kapal, mulai terasa rasa kekeluargaan disini

Lanjut untuk membuat peradaban dimana membangun tenda adalah hal yang mutlak dilakukan untuk tidur malam ini, harap2 cemas agar tidak terjadi hujan pada malam ini karena tenda yang dibawa rombongan kita sangat terbatas, tapi masih bisa diakali dengan memakai tenda darurat alias flysheet yang dibuat bivak.

Proses pemasangan beberapa tenda yang seadanya dibawa

Komodooooo! bukan masbro ini cuma biawak.. :p  nah ga tau dah dia tiba2 aja nongol selaku penjaga pulau kali yah mau kenalan sama tamu,, baiklah salam kenal om Bia..

Acara selanjutnya malam itu adalah makan malam, sesi curhat dan sharing tentang BikePacker

Minggu, 21 September 2014

Selamat Pagi! pagi di pulau ini menyambut, satu per satu kami pun terbangun dari peraduan

Garis bibir pantai tepat di depan kami membuat tenda,,sangat cantik dengan panorama dermaga yang indah

Setelah sarapan dan berbagi kisah satu sama lain, bongkar tenda dan packing terpaksa dilakukan (masih mau banget extend seharian di pulau ini :( )


Tentunya tidak lupa membawa sampah yang kami hasilkan selama dipulau ini,, bahkan puntung rokok pun kami angkat!

Bener2 sayang untuk ditinggalkan pulau model beginian...

Good bye Pulau Sepa.. HUHUHU!


Pastinya tidak lupa photo keluarga dulu lah yaa...

Janji saya pasti akan kembali ke pulau ini, semoga saja masih terjaga keasrian dan kealamiannya.. AMIN!

Semuanya masuk kapal, dengan harapan akan kembali lagi ketempat ini tentu saja dengan pengalaman yang berbeda nantinya. Pulau ini telah memberikan kami pengalaman yang tidak terlupakan dengan teman yang baru (teman lama tidak dilupakan kok :D ).

Sebelum pulang ke Pulau Harapan, kami mampir ke Pulau Dolphin yang kemarin ada banyak ladies Koreanya.. Gak disangka saat kami kembali ke pulau ini, pulaunya kosoooong guyss!!! Ga tahan lagi hasrat buat nyemplung akhirnya saya duluan yang nyemplung ke air yang jernih..


Kembali ke masa kecil (bolang gede)

Serasa pulau pribadi nih bener-bener, saya sangat menikmati berenang di pulau ini

Puas bermain air, saatnya kita bermain pasir yang lembutt

Air laut yang tenang dan jernih seperti ini membuat orang ogah pulang ke rumah

Tidak lupa photo keluarga sekali lagi di Pulau Dolphin

Next! Naik kapal dan explore Pulau Bulat.. nah ceritanya Pulau Bulat ini adalah pulau yang rencananya akan kami gunakan untuk camping. Tapi karena sudah dilarang camping di pulau ini karena kebodohan beberapa orang, maka kami mencari alternatif pulau lain.

Pintu masuk Pulau Bulat

Karena kondisi Pulau Sepa yang lebih baik dari Pulau Bulat, akhirnya kami disini tidak berlama-lama hanya ambil photo buat KTP aja satu per satu LOL!

Photo KTP yang berhasil kami lakukan (gambar terakhir kanan paling bawah itu merupakan suatu ketidaksengajaan - bukan rekayasa)

Dibalik Layar :D

Bisa di liat sendirilah yah, perbedaan Pulau Bulat dengan Pulau Sepa

Karena waktu sudah mepet untuk jadwal kapal pulang ke Muara Angke, kami akhirnya buru-buru untuk kembali ke Pulau Harapan agar mendapat seat di dalam kapal (ngarep ga duduk diatas kapal lagi). Karena sudah bisa dibayangkan kalau kita 3 jam di atas atap kapal seperti kemaren.

Tiba di Dermaga Pulau Harapan, langsung lari dengan mengangkat kulkas 3 pintu ke kapal

Gak pake bilas, semuanya langsung naik kapal untuk memastikan dapat tempat didalam.. syukurlah masih ada walaupun agak berdesak-desakan

Mungkin dia lelah... atau mulai lapaarr,,,

3 Jam pun berlalu, tiba di Muara Angke dengan selamat dan bahagia, kembali ke kerasnya dunia Jakarta yang sebenarnya..

Ambil motor di Parkiran, kan ceritanya BikePacker kalo ga ada photo motornya kurang dong yah..setelah membayar 25k untuk biaya parkir dan 5k untuk penitipan helmet.

Gathering ini juga di buat Trip Report oleh agan dokumen yang bisa dibaca di thread Mini Gathering BikePacker KASKUS @ Mini Sepa - Jangan lupa rate 5 dan di komen ya guys!! See u next trip..





21 komentar:

  1. " Never forget this moment . . . ^_^ "
    Hope we can get back with the same naturally place'

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  2. nice story and nice shot :) salam kenal dan salam traveller photography

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan baca <3<3
      Salam kenal juga dari saya :D

      Delete
  3. waaah sepertinya asyiik juga bisa ngecamp di P.sepa tapi di sana ada tempat buat bilas2 kah? dan boleh minta no CP kapal yg ke P.sepa maz braw sebelum dan sesudah sy ucapkan terimakasih...Salam Lestari

    ReplyDelete
  4. Itu yang pake camera B-pro yang buat snorkling?

    ReplyDelete
  5. wow melihat foto2nya menyenangkan sekali gan , jadi ada niat untuk kesana juga :D

    ReplyDelete
  6. wah keren juga nih. boleh minta kontak ojek atau guide nya gak?
    kirim ke edwin.septiawan@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  7. menarik banget nih Pulau Sepa. Ada ijin ke penduduk utk mendirikan tenda? rencana saya mau nenda disana. tks :)

    ReplyDelete
  8. Minta infonya gan, kira kira abis dana berapa kalo jalan kesana 15 orang? rosidmaulanun@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Makasih ya...udah berbagi tentang pengalaman saat berada di salah satu pulau di kepulauan seribu... salam kenal dari saya anak pulau seribu tepatnya pulau harapan...

    ReplyDelete
  10. Ngecamping di pulau Sepa tapi gak boleh masuk area resortnya, trus mck nya dimana?

    ReplyDelete
  11. share cost nya donk omm,, sangat membantu nih kalo di share cost nya dari berangkat sampai pulang.. kan anak backpacker.. hhehehe

    ReplyDelete
  12. Sun Holiday Tour & Travel
    Open Trip ke Ujung Kulon dan Pulau Seribu tanggal 5-8 Mei 2016
    trip ke ujung kulon mulai dari 500.000/orang
    book now 085773857555 / 08121961994

    ReplyDelete
  13. Sun Holiday Tour & Travel
    Open Trip ke Ujung Kulon dan Pulau Seribu tanggal 5-8 Mei 2016
    trip ke ujung kulon mulai dari 500.000/orang
    book now 085773857555 / 08121961994

    ReplyDelete
  14. Sun Holiday Tour & Travel
    Open Trip ke Ujung Kulon dan Pulau Seribu tanggal 5-8 Mei 2016
    trip ke ujung kulon mulai dari 500.000/orang
    book now 085773857555 / 08121961994

    ReplyDelete
  15. Gan, boleh minta Kontaknya Clara enggak? kalau enggak salah dia Guidenya kan?

    ReplyDelete
  16. Gan Boleh Minta CP Guide nya ga yang dari Harapan sama Rincian Sewa Kapal Sama Ijin Ke Pulau Sepa nya Camp Kena Berapa??? By Mail uki.bringazsh@yahoo.com Makasih Gan...

    ReplyDelete
  17. Invitation from one of my friend for vacation time traveling manfaatin
    togel sgp

    ReplyDelete
  18. 1등사이트 - CasinoRewards
    1등사이트. 5.1 / 5.2/5.4/5.1 Larger than the average 벳 365 score of any other หารายได้เสริม card in a 188bet game. No additional 바카라사이트 features in the standard 토토 사이트 모음 version. No added features for.

    ReplyDelete

 

Travel Bloggers Indonesia

Travel Blogger Indonesia

Wonderful Indonesia

Wonderful Indonesia

@JOSHUASAHELANGI